INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan

May
02

Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan

Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan

DI SUSUN OLEH : H. AHMAD SUKIDI , S.Ag, M.Pd

Bulan Ramadha adalah  bulan yang ke delapan pada tahun Hijrah , salah satu bulan yang kedatangannya senantiasa di nanti oleh jutaan umat Islam di seluruh pelosok dunia , termasuk bulan Ramadha tahun ini , tahun 1441 H . atau bertepaatan pada tahun miladiyah 2020 M.

Tentu akan muncul  pertanyaan bagi kita semua , terlebih Mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta , pertanyaan yang sulit dijawab oleh kita semua , apa itu pertanyaannya . diantara pertanyaan yang akan muncul pasti mengapa bulan Ramadhan yang kehadirannya setiap tahun santiasa di nantikan ? . Mengapa suasana Ramadhan itu sangat berbeda dengan bulan bulan selain Ramadhan ? , kami dalam hal ini tidak akan menjawab secara detail biarlah Mahasiswa ITS PKU mencari data yang lebih mendalam tentang bulan Ramadhan tersebut . Namun secara tegas salah satu Alloh telah menjelaskan terkait dengan bulan Ramadhan yaitu sebagaimana yang tertulus didalam Al-Qur’an Surat Al – Baqrah ayat 185

Artinya ; Bulan Ramadha adalah ( bulan ) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an , sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( anatara yang benar dan batil ) , karena itu , barang siapa diantara kamu ada di bulan itu , maka berpuasalah .

Itulah Alloh telah menjelaskan dengan jelas bahwa bulan Ramadhan itu bulan diturunkan Al-Qur’an sebagai pedoman kita ,  untuk bisa selamat hidup kita didunia dan diakhitrat , selamat dari adzab Alloh SWT .  Bulan yang diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh bagi setiap orang mengaku beriman kepada Allah SWT. Serta rukun iman yang wajib di yakini oleh setiap orang yang mengaku beriman.

Bulan Ramadhan juga memiliki keistimawaaan dengan bulan bulan yang lain ,bulan yang ddidalamnya penuh berkah , amalannya akan dilipat gandakan , bahkan Ramadhan dimaknai sejuta kemulyaan .  ( brillio  net  nu.or.id )

Ramadha adalah bulan diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh , terus amalan apa saja yang harus dilakukan dan dijaga amalan itu samapai kita bisa menjadi terbiasa dengan amalan amalan itu setelah melewati bulan puasa.

Amalan dibulan Ramadhan yang perlu kita lakukan adalah

  1. Shalat Malam di bulan Ramadhan di namakan shalat Tarwih. Shalat tarawih yang dikerjakan setelah melaksanakan Shalat Isak.

Shalat malam merupakan ibadah yang memiliki nilai pahala luar biasa apalagi di laksanakan dibulan Ramadhan. Shalat adalah penghubung anatara Alloh SWT dengan hambaNya . Karena itu , shalat merupakan ketenangan  dan kebahagiaan bagi orang yang bertaqwa. Dengan shalat mereka menemukan ketenangan dan kedamaian . Rasululloh bersabda “ Dijadikan ketenanganku dalam shalat “ H.R Abu Dawud )

  1. Shadaqoh / berbagi makanan

Shadaqoh atau berbagi makanan atau memberi makan yang yang

Puasa biasa disebut memberi tajil , amalan ini akan mendapat mendapat pahala dari orang yang berpuasa tersebut. Rasululloh saw bersabda “ Tiga hala , barang siapa melakukannya , maka sungguh ia telah melaksanakan keimanan : Menyembah hanya kepada Alloh SWT. ( pengakuan ) tidak ada Tuhan selain Alloh , dan membayar zakat dengan penuh kerelaan , sebagai bantuan setiap tahun “ ( H.R Abu Dawud ).

  1. Tadarus Al-Quran

Tadarus atau membaca Al-Quran memiliki kemuliaan yang besar di bulan Ramadhan . Membaca satu huruf alquran akan diberi sepuluh kebaikan. Al-Quran adalah obat bagi orang yang beriman dan racun bagi orang kafir dan munafik. Setiap kali membaca dan mentadaburinya ia akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman . Alloh SWT berfirman “ Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman . Dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang orang yang zalim selain kerugian . ( Al-Isra’ : 82 ).

 

Itulah beberapa amalan yang harus kita jaga diamalkan di Bulan Ramadhan . tentu masih banyak lagi untuk bisa dikaji dan diamalkan oleh kita semua .     Semoga kita bisa istiqomah daalam melaksanakan amalan amalan yang telah di tuntunkan  Alloh SWT dan dicontohksan Rasululloh SAW. Semoga kita bisa melaksanakan pusa yang baru dalam kondisi kena musibah wabah Covid 19 . ini Dan semoga akan segera berakhir wabah yang menggentarkan dunia , termasuk bangsa kita Indonesia.

 

About the Author:

1 Comments:

  1. Teguh Iw May 12, 2020 Reply

    Berpuasalah agar kamu sehat… ini adalah simpul yang perlu terus di sebarluaskan bahwa kesehatan dapat dicapai dengan berpuasa.. Badan sehat, sekaligus beribadah padaNya..

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *