INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

D3 Keperawatan

Program Studi DIII Keperawatan merupakan cikal bakal bagi berdirinya ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, yang waktu itu masih bernama Akper PKU Muhammadiyah Surakarta. Berdirinya Prodi DIII Keperawatan adalah untuk menjawab tantangan kebutuhan akan perawat profesional yang berkarakter islami yang memiliki daya saing yang tinggi.

VISI

”Tahun 2022 menjadi penyelenggara pendidikan Program Studi DIII Keperawatan yang profesional, menghasilkan perawat pemula yang unggul dalam upaya promotif dan preventif, berdaya saing nasional dan global, berkarakter Islami”.

MISI

Misi Program Studi Diploma III Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta yang harus dicapai pada tahun 2022 adalah:

  1. Menyelenggarakan tata kelola program studi berdasarkan prinsip good governanceyang ditopang oleh sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu keperawatan yang berbasis kompetensi serta berorientasi pada pengembangan keunggulan dengan pendekatan promotif dan preventif.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan secara berkelanjutan dan memanfaatkan hasil penelitian bagi pengembangan keilmuan, civitasakademika dan masyarakat.
  4. Mengembangkan program kerjasama kemitraan dengan pihak-pihak yang berkepentingan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional, khususnya dalam hal pendayagunaan lulusan yang berdaya saing.

PROGRAM PEMBELAJARAN

Program-program akademik dan ekstra kurikuler di Prodi DIII Keperawatan dirancang untuk mempersiapkan tenaga keperawatan yang mampu menjadi pemimpin di bidangnya dan mampu membawa arus perubahan dalam mewujudkan profesi perawat yang berkualitas. Proses pembelajaran teori dilaksanakan di kelas maupun di laboratorium dengan penerapan berbagai model dan metode pembelajaran yang mengacu pada kurikulum terikini. Adapun guna memperkuat ketrampilan keperawatan, mahasiswa dibekali dengan skill lab dengan metode bed side teaching dalam bentuk small group, sehingga semua mahasiswa dipastikan trampil sebelum diterjunkan dalam tatananan nyata di rumah sakit maupun di komunitas. Disamping itu, mahasiswa juga dibekali dengan pelatihan-pelatihan mapun seminar-seminar yang wajib diikuti guna memperkaya khasanah keilmuan yang dimiliki.

Untuk mepercepat proses adaptasi dan internalisasi profesi keperawatan pada peserta didik, maka mahasiswa diterjunkan langsung di lahan praktik, baik dalam bentuk praktik klinik, maupun hospital tour, berupa kunjungan ke rumah sakit-rumah sakit dengan standard internasional. Sebagai bentuk komitmen dalam mencetak perawat profesional yang berkarakter islami, prodi DIII Keperawatan membekali mahasiswa dengan mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Adapun guna mendongkrak daya saing lulusan agar mampu bersaing dalam tataran global, mahasiswa prodi DIII keperawatan dibekali dengan kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab yang dikemas secara menarik yang lebih menekankan pada kemampuan berkomunikasi.