INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

D3 Kebidanan

Program Studi DIII Kebidanan sudah ada sejak tahun 2008. Hal yang melatarbelakangi pendirian program studi ini adalah kebutuhan tenaga kesehatan terutama bidan untuk mewujudkan kesehatan untuk semua (Health for All) dan masyarakat yang sehat (Healthy People) terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Program Studi DIII Kebidanan bertekad untuk menghasilkan lulusan bidan yang berkompeten, profesional, berakhlak islami dan berkemampuan bahasa asing yang mampu bersaing baik lokal maupun global.

VISI

Menjadi salah satu pusat pendidikan, penelitian dan layanan di bidang kebidanan yang memiliki keunggulan kompetitif dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2022.

MISI

Misi Program Studi Diploma III Kebidanan ITS PKU Muhammadiah Surakarta yang harus dicapai pada tahun 2022 adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional untuk menghasilkan lulusan di bidang kebidanan, memiliki nilai-nilai Islami, berbudi pekerti luhur, mau dan mampu bekerjasama, rajin dan ulet, inovatif dan mampu bersaing secara global.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian aplikatif serta memajukan IPTekS di bidang kebidanan dalam rangka mendukung pembangungan nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan kepada masyarakat di bidang kebidanandalam rangka pengembangan kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan bangsa.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan stakeholder eksternal dalam mendukung proses pembelajaran bidang kebidanan.

PROGRAM PEMBELAJARAN

Program pembelajaran di program studi DIII Kebidanan adalah penggabungan antara teori dan praktik. Untuk pemahaman teori yang benar maka diadakan pembelajaran di kelas dengan metode ceramah, diskusi, penugasan, presentasi mahasiswa, role play dan sebagainya.

Selain pembelajaran di kelas, mahasiswa juga dibekali skill lab dengan metode bed side teaching. Hal ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan saat terjun langsung ke lapangan.

Untuk mempraktikkan teori dan keterampilan-keterampilan yang sudah diajarkan maka hampir tiap semester mahasiswa diterjunkan langsung ke lapangan seperti Bidan Praktik Mandiri (BPM), rumah bersalin, puskesmas dan rumah sakit. Sehingga diharapkan mahasiswa mengetahui kerja nyata di lapangan dan mampu beradaptasi.

Untuk membentuk akhlak yang islami maka kami juga membekali mahasiswa dengan ilmu agama dan kemuhammadiyahan. Dan agar mahasiswa nantinya dapat bersaing secara global maka kami juga membekali bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab.