LPPM ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Gelar Workshop Editor dan Reviewer Jurnal

itspku.ac.id  – 24 February 2024

Surakarta,  itspku.ac.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta telah sukses menyelenggarakan Workshop Editor dan Reviewer Jurnal pada tanggal 26 Februari 2024. Acara ini dihadiri oleh 22 civitas ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan berlangsung di ruang Smart Classroom.

Workshop Editor dan Reviewer Jurnal

Workshop ini diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen bersama untuk terus meningkatkan kemampuan, baik sebagai reviewer maupun editor jurnal. Dalam sambutannya, Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, S.Kep., M.Kes., Ph.D., menegaskan pentingnya acara tersebut dalam konteks pengembangan dan peningkatan kualitas tiga jurnal publikasi ilmiah yang dimiliki ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. “Acara workshop ini memiliki makna yang sangat signifikan bagi kita semua. Sebagaimana kita ketahui, jurnal ilmiah memiliki peran sentral dalam mengukuhkan reputasi dan kontribusi ilmiah sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu, kesungguhan dan dedikasi kita dalam memastikan mutu dan kualitas jurnal sangatlah penting,” ungkap Weni Hastuti.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada LPPM, pembicara, dan peserta atas partisipasinya dalam workshop tersebut. Semoga acara ini memberikan wawasan yang berharga dan menjadi langkah awal bagi peningkatan kualitas jurnal ilmiah di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta serta meningkatkan akreditasi ke SINTA 2 dan 1.

Workshop ini turut diisi oleh Hery Siswanto, S.Kom. M.Kom., ia merupakan salah satu dosen Informatika ITS PKU Muhammadiyah Surakarta yang memberikan materi mengenai panduan penggunaan Open Journal System (OJS) bagi author, editor, dan reviewer. Tujuan dari materi ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam terkait manajemen pengelolaan jurnal berbasis elektronik menggunakan OJS, sesuai dengan standar akreditasi nasional.

Dalam penjelasannya, Hery Siswanto, S.Kom. M.Kom., menyoroti pentingnya pemahaman tentang OJS untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal. Dia berharap dengan adanya workshop ini, kualitas pengelolaan jurnal yang dikelola oleh LPPM ITS PKU dapat meningkat secara signifikan.

Workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga memfasilitasi pertukaran pengalaman dan memperluas jaringan kerja. Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses review dan editing jurnal.

Leave a Reply

Recent Comments

    Categories