866 Mahasiswa Baru ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Mengikuti PKKMB dan Stadium General

SOLO- 866 Mahasiswa baru ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengikuti PKKMB dan Stadium General. ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa (PKKMB) Pada tanggal 6-8 september 2022. PKKMB diikuti 400 mahasiswa baru yang terdiri dari tujuh prodi antara lain S1 Gizi, S1 Informatika, S1 Keperawatan dan Profesi Ners, DIV Keperawatan Anestesiologi, DIV Teknologi Rekayasa Elektromedis, DIII Keperawatan dan DIII Kebidanan.  466 Mahasiswa Alih Jenjang yang terdiri dari prodi S1Keperawatan, Profesi Ners, DIV Keperawatan Anestesiologi, DIV Teknologi Rekayasa Elektromedis mengikuti Stadium General.

Kegiatan PKKMB di kemas dengan berbagai kegiatan antara lain mengenalkan Bela Negara cinta tanah air, pemahaman Pancasila pencegahan intoleran, radikalisme dan anti kekerasan yang disampaikan oleh AKP Dalyanto SH.

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mendatangkan narasumber Komandan MDMC (Muhammadiyah Disaster Managemen center) Jawa Tengah dengan tema Manajemen Resiko Bencana, Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana di Perguruan Tinggi. Disamping itu juga pembinaan Gerakan revolusi mental dan kewirausahaan.

Pada hari kedua kegiatan PKKMB Salah satunya memperkenalkan kepada mahasiswa baru adalah terkait organisasi mahasiswa dan pengenalan kampus terkait sistempembelajaran dan sarana prasarana kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

WR III ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Sri Mintarsih, yang juga Ketua PMB ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, mengatakan mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKKMB adalah mahasiswa yang ada di tujuh program studi yang ada di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan, terutama berkaitan dengan pengenalan mahasiswa baru pada dunia kampus di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

“Kegiatan hari ini pengenalan organisasi kemahasiswaan, dimana di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ada 12 organisasi kemahasiswaan dan 3 UKM, 12 organisasi kemahasiswaan antara lain BEM, IMM, KSR, Himaper, Himanes, Himatif dan lain sebagainya” kata dia.

Kegiatan PKKMB digelar sebelum memasuki kegiatan perkuliahan. Dengan begitu diharapkan sebelum para mahasiswa tersebut mulai mengikuti perkuliahan, mereka telah mengerti dan mengenal kampusnya.

Direncanakan untuk perkuliahan akan dimulai pada 12 September 2022. Perkuliahan akan dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“PKKMB ini adalah tradisi atau kegiatan rutin yang ditetapkan Kemendikbud sebagai prosesi awal pengenalan mahasiswa baru tentang kehidupan kampus. Kami sebagai institusi Muhammadiyah juga ada indikasi khususnya, jadi ada muatan khusus, yaitu mengenalkan IMM dengan masa taaruf. Mahasiswa Muhammadiyah wajib tahu tentang kemuhammadiyahan. Organisasi kemuhammadiyahan di tingkat kampus adalah IMM,” lanjut dia.

Untuk kegiatan masa taaruf, pihak kampus bekerja sama dengan pengurus IMM Cabang Kota Surakarta. Kegiatan tersebut direncanakan digelar pada Sabtu (10/9/2022).

Dijelaskan, pada kegiatan tersebut pihak kampus juga berupaya menanamkan kebiasaan baik menuju dunia kampus. Di antaranya seperti sikap bertanggung jawab, berkarakter, disiplin, inovatif dan kreatif.

“Kami juga harapkan selama proses pendidikan baik yang Diploma 3, D4 dan S1 benar-benar menghasilkan lulusan yang profesional,” kata dia.

Selain itu, pada rangkaian PKKBM tersebut juga akan ada kegiatan bakti sosial. “Sudah dikumpulkan peserta PKKMB kurang lebih ada 95 paket sembako, akan dibagikan pada Jumat [9/9/2022] kepada warga sekitar kampus yang berhak. Itu sekalian dalam rangka Milad ke-29 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jadi pembagian sembako nanti dari peserta PKKMB, yang membagikan mahasiswa dan panitia PKKMB,” kata dia. (humas/tg)

Leave a Reply