ITS PKU BERANGKATKAN KKN DAN PKM INTERNASIONAL

Foto pemberangkatan KKn, by Humas


Institut Sains dan Teknologi Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan Pengabdian Masyarakat Internasional Malaysia dan PKM melalui Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan departemen KUI (Sekretariat Internasional) Institut Pendidikan Tinggi Muhammadiyah. PKU Muhammadiyah ITS Surakarta mengirimkan Nunik Rahayu ke Malaysia pada semester 6 Application gizi. Melalui kegiatan PKKN/KKN-DIK KI MBKM PTMA ini, mahasiswa dan dosen PTMA akan mendapatkan artikel-artikel dalam publikasi ilmiah, teknik pembelajaran, hak kekayaan intelektual, teknik tepat guna, paten, laporan kegiatan, dan ilmu-ilmu lain yang disegani. Hasilnya dalam bentuk publikasi.

Dengan cara ini, Siswa dan guru PTMA dapat belajar menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kelompok sasaran internasional. Secara khusus, mengatasi, mengembangkan, memperkuat, dan memperkuat berbagai masalah kompleks yang dihadapi khalayak internasional secara terpadu dan holistik yang dapat bermanfaat bagi umat manusia. Kegiatan PKKN/ KKN-DIK KI MBKM PTMA pada da arnya merupakan kegiatan interaksi sosial holistik yang melibat kan berbagai pihak, antara lain Asosiasi LPTK PTMA, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, PTMA, Atdikbud RI di berbagai negara, Kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri (KSILN) di berbagai negara, PCIM di berbagai negara, Majelis Pendidikan Non Formal In Formal (PNIF) PCIM di berbagai negara, Majelis Dikdasmen PCIM di berbagai negara, dan kolaborasi antar mahasiswa PTMA maupun antar dosen PTMA. Wakil Rektor 1 Cemy Nur Fitria menyampaikan bahwa Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk KKN Kolaborasi International (KKN-KI) dan Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Internasional (PKM-KI) yang diberangkatkan kali ini sudah melalui seleksi yang ketat. Disamping persyaratan secara akademis, juga dipastikan bahwa mereka yang diberangkatkan telah memiliki application kerja yang jelas.
“Mahasiswa yang telah lolos seleksi kemudian menjadi kandidat melaksanakan KKN-KI dan PKM-KI bekerjasama dengan Atdikbud di KBRI Malaysia, PCIM Kuala Lumpur Diktilitbang PP Muhammadiyah, Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia dengan pembagian wilayah dan waktu yg sudah disepakati Bersama selama 1 bulan” kata Cemy.
Cemy menyampaikan bahwa “ITS PKU bersinergi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah KKN, terutama untuk imigran-imigran dari Indonesia. Staf dan mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para imigran Indonesia yang bersekolah di Malaysia. Sekolah Indonesia Malaysia yang dicakup oleh KKN-KI dan PKM-KI adalah Pusat Pembelajaran (SB) Sentul, SB Subang Mewah, PPWNIKLANG, SB Kuala Langat, SB Sungaibuloh, SB Hululangat dan SBikaba Imaba. Suatu bentuk kegiatan yang memberikan siswa pengalaman belajar untuk hidup di tengah masyarakat worldwide, terutama dalam kompleksitas pembelajaran worldwide internasional. (TG / Humas)

Leave a Reply