ITS PKU Lolos Pendanaan PKM 8 Bidang Dari Kemendikbud RI Tahun 2022

Pengurus Ormawa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Foto by Teguh

Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang unggul, berkarakter, kreatif, inovatif, objektif, interaktif dan kooperatif dalam peningkatan domain Intelektual/kognitif, attiude dan psikomotor Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI menyelenggarakan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang pendanaan tahun 2022.
Tahun 2022 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengajukan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang melalui Kemendikbud RI tahun 2022 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, dinyatakan lolos untuk skema pendanaan PKM-PM berjumlah 1 judul dan PKM-RE berjumlah 2 judul.

Wakil Rektor III Sri Mintarsih, S. Kep., Ns., M.


Disampaikan Sri Mintarsih, S. Kep., Ns., M. Kes selaku WR III bidang Kemahasiswaan, alumni dan Kerjasama bahwa mahasiswa kami di nyatakan lolos antara lain Usulan Proposal PKM-PM dengan judul “Edukasi Kesehatan Reproduksi Pada Siswa Tuna Rungu Menggunakan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat di SLB-B (YRTRW) Surakarta”, oleh tim PKM dari Prodi D3 Keperawatan, yang beranggotakan 4 orang : yang diketuai oleh Erlana Ayu Aryanto, dengan anggota Salsa Suryana Veronika, Erlina Ika Sulistyowati, dan Galuh Listyawati.
Sedangkan PKM-RE dinyatakan lolos 2 tim mahasiswa dari Prodi S1 Gizi.
Tim pertama dengan judul “Bubur Cangkang Telur Substitusi Ekstrakjahe Sebagai Makanan Tinggi Kalsium untuk Menjaga Imunitas”, sebagai ketua Putri Istikomah, dengan anggota Fatiya Rohmaniyah, Cindy Ratna Sari, Nunik Rahayu dan Virgienia Cahya Rahmatika.
Tim kedua dengan judul “Permen Jelly Buah Okra Substitusi daun steviabagi Penderita Diabbetes Mellitus” , sebagai ketua : Fatiya Rohmaniyah, Putri Istikomah, Cindy Ratna Sari dan Nunik Rahayu.
Sri Mintarsih menyampaikan “Penyusunan proposal PKM ini, merupakan implementasi program kerja dari Unit Ilmiah bidang kemahasiswaan yang berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan prodi terkait dengan tujuan dapat menghasilkan luaran-luaran nyata di bidang penelitian mahasiswa sesuai dengan kompetensi prodi terkait””.
“Tim penyusun proposal, sebelum menyusun proposal ini, diberikan materi sosialisasi, mengikuti pembekalan yang diadakan oleh ITS PKU, dan dilanjutkan dengan workshop klinik proposal yang telah disusun, agar para tim menyusun bisa memahami dengan baik, dan semakin mantap serta percaya diri mengusulkan usulan proposal yang disusun bersama anggota tim dan bisa lolos pendanaan tahun 2022 ini” kata Sri Mintarsih.
Reward khusus tim mahasiswa penyusun usulan proposal PKM ini, bersinergi dengan Wakil rektor bidang akademik & kurikulum, yang bertujuan dapat meningkatkan minat, kualitad dan kuantitas jumlah proposal, serta keinginan yang tinggi guna menyusun proposal di tahun tahun selanjutnya.

Harapan Rektor ITS PKU, Weni Hastuti,S.Kep.,M.Kes.,Ph.D., ketiga tim pengusul proposal PKM 8 bidang yang lolos ini, bisa lolos seleksi PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) Tahun 2022.

Leave a Reply