RAPAT TAHUNAN ANGGOTA DAN SEMINAR NASIONAL AIPNEMA 2021 DISELENGGARAKAN DI SURAKARTA

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah-Aisyiyah (AIPNEMA) menyelenggarakan Rapat tahunan Anggota (RTA) dan seminar Nasional AIPNEMA 2021 dengan tema “Implementasi Program MBKM pada Pendidikan Keperawatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah” secara daring dan luring di kota Surakarta bekerjasama dengan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai tuan rumah pada tanggal 11-13 November 2021.

Dr. Mundzakir, S. Kep., Ns., M. Kep., “Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah ’Aisyiah (AIPNEMA) sebagai organisasi yang menaungi institusi – institusi penyelenggara pendidikan ners mempunyai semangat untuk menjawab tuntutan dan melaksanakan Program MBKM ini. Oleh karena ini dalam rangka Rapat Anggota Tahunan (RTA) ini, AIPNEMA mengulas dan melakukan sinergi dalam implementasi Program MBKM ini dalam Pendidikan Keperawatan”.

”Melalui seminar nasional dengan tema “Implementasi Program MBKM pada Pendidikan Keperawatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) dapat memberikan manfaat kepada dosen di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) dalam memodifikasi model pembelajaran yang ada sesuai dengan perkembangan jaman. Selain itu dapat mengembangkan kurikulum yang tidak hanya mengacu pada SNPT, KKNI, dan MBKM saja namun juga mengacu pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah. Manfaat lain berupa sharing best practice dalam pelaksanaan program MBKM memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Sehingga institusi pendidikan dapat merancang dan mengimplementasikan dengan baik, maka hard dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat. Terakhir Seminar Nasional ini dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat”.

“Rapat Tahunan Anggota (RTA) AIPNEMA merupakan pertemuan tahunan untuk melakukan evaluasi, program kerja koordinasi dan membahas Issue strategis sekitar kebijakan dunia pendidikan keperawatan tahun 2022 dengan peserta Anggota AIPNEMA se-Indonesia. RTA AIPNEMA 2021mempunyai tujuan untuk memperkuat silaturrahmi dan sinergi antar anggota AIPNEMA dalam rangka implementasi program MBKM pada Pendidikan Keperawatan
Disampaikan Sri Mintarsih selaku ketua panitia dan WR III ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ‘kegiatan RTA dan Seminar Nasional ini diikuti 200 dan dariing utk RTA dan 500 peserta daring maupun luring untuk Seminar Nasional dari tenaga pendidik prodi Ners perguruan tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah se-Indonesia. Dalam seminar nasional nantinya akan menampilkan sebagai Keynote Speaker Prof. Lincolin arsyad, MSc. PhD Ketua Majlis Diklitbang PP Muhammadiyah, Dr. Mudzakir, S.Kep., Ns., M. Kep., Ketua AIPNEMA, Weni Hastuti, M. Kes., Ph.D., Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Dan pemateri dalam seminar nasional Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Puguh Widiyanto, S. Kp., M. Kep., WRI Universitas Muhammadiyah Magelang, Haryanto, Ph.D.,ketua STIKUniversitas Muhammadiyah Pontianak, Cemy Nur Fitriya, S. Kep., Ns., M. Kep., WR I ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Suratmi, S. Kep., M.Kep., Kaprodi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan.”

Disampaikan pula oleh Weni Hastuti, Ph.D Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta “Kami sangat berterimakasih kepada Pengurus AIPNEMA yang telah mempercayakan kepada ITS PKU Muhammadiyah Surakarta untuk menggelar hajatan Nasional AIPNEMA tahun 2021 kali ini. Penyelenggaraan Rapat Tahunan Angota dan seminar nasional tahun 2021 ini dari awal penuh dengan dinamika, karena sedianya dikonsep secara Daring, mengingat situasi Pandemi, tapi dalam perjalanannya berubah konsep menjadi Daring dan Luring seperti yang kita ikuti hari ini.

Kepercayaan ini bagi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta adalah suatu yang Mahal. Sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang terus menata diri dan berbenah untuk menjadi besar, kami selalu berusaha memantaskan diri agar bisa berdiri sejajar dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yg sudah besar”

“Selanjutnya, pada kesempatan ini, kami ucapkan kepada seluruh peserta Seminar dan Rapat Tahunan Anggota AIPNEMA tahun 2021, Selamat mengikuti seminar dan selamat melaksanakan rapat tahunan anggota, semoga bisa menghasilkan pemikiran pemikiran baru yang mencerahkan bagi kita semua” kata Weni Hastuti.

Leave a Reply