ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Siapkan Petugas Pemantau Prokes Pilkada Kota Surakarta Di 48 TPS Kadipiro

Dalam pelaksanaan Pilkada di kota Solo akan menimbulkan kerumunan dan dapat mengakibatkan penularan covid19 apabila tidak di jaga protokol kesehatannya. ITS PKU Muhammadiyah Surakarta bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta, menyiapkan petugas pemantau protokol kesehatan (prokes) dalam kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Desember 2020 untuk 48 TPS di wilayah Kadipiro, Banjarsari, Surakarta.

Menurut Sri Mintarsih, S.Kep.,Ns., M.Kes., selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama, menyampaikan, keterlibatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ini, sebagai bentuk nyata, implementasi partisipasi aktif Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Surakarta, khususnya di Kadipiro.

Disamping itu, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, yang mempunyai prodi terbanyak dari prodi prodi ilmu kesehatan, mempunyai tanggung jawab yang besar pula, dalam rangka membantu pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Surakarta melalui Puskesmas Gambirsari, turut mewujudkan, upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini dalam kegiatan Pilkada. Sehingga dengan pilkada ini, pelaksanaan pemantauan protokol kesehatan secara ketat dengan menugaskan petugas pemantau prokes ini, diharapkan tidak akan terjadi ketidaktaatan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan selama mengikuti pelaksanaan pilkada tersebut.

Masyarakat tetap mencuci tangan sebelum memasuki TPS, memakai masker yang terstandarisasi, dan selalu menjaga jaga jarak satu sama lain nya, minimal 1,5 meter.

Petugas pemantau prokes pilkada kota Surakarta dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ini, terdiri dari unsur dosen, humas dan mahasiswa. Kegiatan ini juga dapat dijadikan wahana implementasi tri dharma perguruan tinggi, yaitu, pengabdian masyarakat, yang merupakan komitmen perguruan tinggi untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, walaupun di masa pandemi ini.

Para petugas kami bekali dengan APD lengkap, masker KN95, Faceshield, dan sarung tangan (handschoon) sebagai upaya proteksi diri dalam melaksanakan tugas sebagai tim pemantau prokes pilkada Kota Surakarta tahun 2020.

Leave a Reply