KULIAH PAKAR REPRODUKSI

Memulai Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 Rabu, 12 Februari 2020 diselenggarakan KULIAH PAKAR bagi mahasiswa program studi kebidanan bertempat di Rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Kuliah Pakar kali ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu . Umi Susilowati, SST,M.Kes,CI IBH,CT NNLP., Indarto,SKM, M.Kes., Yuni Hartati, S.Hi, M.Pdi., dengan tema “Sehat Reproduksiku, Siap Nikahi Aku”. Acara ini diikuti oleh 100 orang mahasiswa dan para dosen tetap Program Studi Kebidanan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor I ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Cemy Nur Fitriya, S. Kep., Ns., M.Kep., menjelaskan bahwa untuk mengawali semester genap tahun ajaran 2020/2021 kali ini diadakan kuliah pakar terkait Kesehatan Reproduksi.

Kesehatan reproduksi didefinisikan sebagai keadaan fisik, mental, sosial yang utuh dan aman dalam segala hal yang berkaitan dengan sistim, fungsi-fungsi dan proses reproduksi. Pengertian kesehatan reproduksi yang demikian luas, akan membawa berbagai persoalan yang luas pula. Ia antara lain menyangkut kesehatan alat-alat reproduksi perempuan pra produksi (masa remaja), ketika produksi (masa hamil dan menyusui) dan pasca produksi (masa menopouse). Kuliah pakar ini akan disampaikan tentang reproduksi di tinjau dari ilmu kesehatan dan ilmu agama.
Kuliah pakar dengan narasumber Umi Susilowati, SST,M.Kes,CI IBH,CT NNLP., tentang Persiapan pra nikah ditinjau dari Kesehatan reproduksi, sedangkan Indarto,SKM, M.Kes., menyampaikan tentang Perawatan pra nikah. Diakhir penutup nara sumber ke tiga Yuni Hartati, S.Hi, M.Pdi menyampaikan tema persiapan pernikahan ditinjau dari agama Islam.

Disampaikan pula oleh Nevia Zulfiatun Nissa, SST., M.Kes Kaprofi DIII Kebidanan “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Prodi kebidanan dengan bertujuan meningkatkan pemahaman baik softskill maupun hardskill dari mahasiswa, khususnya mahasiswa kebidanan tentang Kesehatan reproduksi”. (Humas.tg)

 

Leave a Reply