DIII Kebidanan ITS PKU menggelar KULIAH PAKAR

  DIII kebidanan ITS PKU  Muhammadiyah Surakarta selasa, 21 Januari 2020 menggelar kuliah pakar dengan tema “Intervensi Holistik Kesehatan Reproduksi Sepanjang Daur Kehidupan Wanita” dengan Nara Sumber Siti Maryam, Amd. Keb CPHCT praktisi Holistik care dan Kesehatan Reproduksi di gedung rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Kuliah pakar diikuti mahasiswa DIII kebidanan sejumlah 54 mahasiswa. Disampaikan Weni Hastuti kegiatan ini dengan tujuan untuk     Meningkatkan Kompetensi  mahasiswa   Prodi  DIII Kebidanan  ITS  PKU Muhammadiyah  Surakarta   dalam perawatan Kesehatan reproduksi secara holistik dan Mencetak  Alumni  Prodi  DIII Kebidanan  ITS  PKU Muhammadiyah  Surakarta yang berjiwa interpreneur

Hak-hak reproduksi merupakan bagian dari hak asasi manusia yang diakui oleh hukum nasional, dokumen internasional tentang hak asasi manusia, dan dokumen-dokumen kesepakatan atau perjanjian lainnya. Hak-hak ini menjamin hak-hak dasar setiap pasangan dan individu untuk memutuskan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah, jarak, dan waktu memiliki anak dan untuk memperoleh informasi dan juga terkandung makna memiliki hak untuk mmperoleh standar tertinggi dari kesehatan reproduksi dan seksual. Juga termasuk hak mereka untuk membuat keputusan menyangkut reproduksi yang bebas dari diskriminasi, perlakuan sewenang-wenang, dan kekerasan.

Wanita  sebagai bagian dari umat manusia termasuk kelompok yang memiliki hak-hak reproduksi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia.  Setiap wanita harus memperhatikan kekhususan kebutuhan penanganan sistem reproduksi pada setiap fase kehidupan, serta kesinambungan antar fase kehidupan tersebut. Tentunya  masalah kesehatan reproduksi pada setiap fase kehidupan dapat diperkirakan, yang bila tidak ditangani dengan baik maka hal ini dapat berakibat buruk pada masa kehidupan selanjutnya.

Seiring  dengan ketentuan hak-hak reproduksi yang berlaku di Negara Indonesia, Prodi DIII Kebidanan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta memiliki visi “ Mewujudkan program studi D III Kebidanan yang profesional, unggul dalam upaya promotif dan preventif dalam bidang kesehatan reproduksi, berdaya saing nasional dan berkarakter islami tahun  2022 “

Jumlah produksi tenaga bidan terus meningkat,  yang mana belum sebanding   dengan peningkatan jumlah lapangan kerja  maka  Prodi DIII Kebidanan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta  senantiasa melakukan  kegiatan  guna membekali kompetensi calon lulusan  agar dapat  meningkatkan daya  saing di lapangan pekerjaan khususnya  di bidang kesehatan reproduksi.  Dengan  harapan  ketika lulusan   mengabdi pada masyarakat dapat memberikan pelayanan kesehatan reproduksi secara holistik.

Adapun upaya yang akan dilakukan untuk  meningkatkan kompetensi  lulusan Prodi DIII Kebidanan  ITS PKU Muhammadiyah adalah kuliah pakar dengan tema “ Intervensi Holistik  Kesehatan Reproduksi Sepanjang Daur Kehidupan Wanita “

Dengan  harapan  upaya peningkatan melalui kuliah pakar dapat memberikan perbaikan kompetensi lulusan. Sehingga dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia, lulusan DIII Kebidanan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dapat  memenuhi rasio kebutuhan tenaga kesehatan, khususnya  bidan  baik secara kuantitas maupun kualitas.

Selain Itu tujuan kegiatan ini adalah lulusan DIII Kebidanan  sebagai entrepeneur. Yang mana ini merupakan salah satu tanggungjawab terhadap lulusan dalam mengembangkan karir lulusannya.

   

Leave a Reply

Recent Comments

    Categories