ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan AIPNI Jawa Tengah Sukses Gelar Pelatihan Penguji OSCE bagi Dosen Keperawatan

Surakarta, 13 Juli 2024

Surakarta, itspku.ac.id – ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional Jawa Tengah, mengadakan pelatihan penguji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) bagi dosen keperawatan. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari yaitu 10 – 13 Juli 2024 dan sukses dilaksanakan dengan lancar.

Praktek Pelatihan Penguji OSCE

Ketua Panitia Pelatihan OSCE, Yuli Widyastuti S.Kep., Ns., M.Kep., mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh dosen keperawatan dari berbagai instansi. Total peserta mencapai 36 orang yang berasal dari sembilan instansi pendidikan dan rumah sakit di Soloraya.

Ketua Panitia Pelatihan OSCE, Yuli Widyastuti S.Kep., Ns., M.Kep., menambahkan “Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan observasi dosen dalam menguji kompetensi yang ditempuh mahasiswa tingkat akhir, baik pada program D3 Keperawatan maupun Profesi Ners,”

Pelatihan ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan menggandeng Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional Pusat dan APINI Regional Jawa Tengah. Diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi peningkatan kualitas pendidikan keperawatan di wilayah tersebut. Dengan menggandeng AIPNI Regional Pusat dan AIPNI Regional Jawa Tengah, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam penyelenggaraan pelatihan serupa di masa depan.

Pelatihan OSCE ini ditutup langsung oleh Ketua AIPNI Regional Jawa Tengah, Dr. M. Fatkhul Mubin, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.J, ia menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan pelatihan ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus diadakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan di Indonesia.

Leave a Reply

Recent Comments

    Categories