INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

LPPM ITS PKU MUHAMMADIYAH MENGGELAR WORKSHOP PENELITIAN

Feb
05

LPPM ITS PKU MUHAMMADIYAH MENGGELAR WORKSHOP PENELITIAN

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM mengadakan Workshop PENYUSUNAN RENCANA INDUK PENELITIAN (RIP) DAN ROADMAP PENELITIAN DOSEN PADA CLUSTER MADYA Rabu, 5 Februari 2020 di gedung Rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Workshop tersebut mendatangkan narasumber Dr. Bambang Jatmiko, M.Si (reviewer nasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dengan diikuti 50 tenaga pendidik ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

    

Disampaikan Weni Hastuti selaku Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta “berdasarkan Peraturan UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan mengemukakan bahwa dosen wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang  salah satunya adalah Penelitian. Penelitian dan merupakan kegiatan yang dapat  berwujud transfer ilmu dari sebuah mata kuliah dan dapat pula berupa pemenuhan kebutuhan individu, lembaga maupun masyarakat. Untuk melaksanakan hal tersebut diperlukan perencanaan dan pendanaan yang terorganisasi”.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada pasal 43 ayat 2 menyebutkan bahwa Hasil penelitian di Perguruan Tinggi harus diarahkan untuk mengembankan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Oleh karena itu perlu adanya standar pengelolaan penelitian. Standar pengelolaan ini merupakan kriteria minimal tentang perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan penelitian. Pada pasal 50 ayat 1 (a) menyebutkan bahwa sebuah lembaga pendidikan tinggi wajib menyusun dan mengembangkan rencana program penelitian sesuai dengan rencana strategi penelitian perguruan tinggi.

Ketua LPPM ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan “Bentuk perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan penelitian adalah adanya Rencana Induk Penelitian (RIP) dan roadmap penelitian yang dimiliki oleh masing-masing dosen. Dengan demikian penyusunan RIP dan roadmap penelitian masing-masing dosen dengan menyesuaikan cluster perguruan tinggi saat ini sangatlah penting. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun RIP institusi, fakultas dan prodi serta roadmap penelitian dosen pada cluster madya”.

“Harapan kami dapat Tersusunnya RIP institusi, fakultas dan prodi serta roadmap penelitian dosen pada cluster madya” kata Ida Untari. (humas.tg)

    

 

About the Author:

Related Posts

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *